UU Larangan Merokok di Depan Siswa, Kapan Terwujud???


Berhubung lagi nggak ada inspirasi, dan tiba-tiba saja saya ingin mempublikasikan opini saya…
Yah, harap maklum lah, kalau seandainya jalan pikiran Anda tidak satu tujuan dengan saya. Saya kan ANAK KECIL.

Sekarang ini, saya lagi prihatin, sekaligus marah, dendam *whoa, gak segitunya..* sama keadaan di sekolah-sekolah. Kenapa? Ya. apalagi siswa yang mestinya ke sekolah untuk belajar yang baik-baik, malah kena ajaran sesat.

Begitu? Istilahnya, sih, semacam terjerumus Palung Mariana gitu. Curam, berair pula (nggak bisa nafas). Tak tahu lagi bila ada siswa yang bawa tabung oksigen pas terjerumus di palung terdalam di dunia itu.

Oke. Yang saya maksud ajaran sesat adalah guru yang MEROKOK DI DEPAN SISWANYA!

 

Pertanyaan yang selalu terlintas di benak saya: Kenapa?
Kenapa mereka-guru gurunya-dengan entengnya merokok, di depan siswanya, yang jelas-jelas masih labil dalam pergaulan! Syukur aja kalau tuh siswa mental sama iman kuat ya. Kalau enggak gimana? Kadang ada, sih. Nggak jarang malah. Kalau anak-anak itu mencoba hal baru karena sifat ingin tahunya yang tinggi!

Apalagi, saya ini kan orang yang ANTI BANGET asap rokok. Kalau ada asap roko sedikit aja, pasti udah langsung tahan nafas, entah berapa lamanya itu, sampai bau asap itu nggak terasa lagi. Whoa, dan saya adalah alah satu anak yang mengucap syukur atas diberlakukannya UU Larangan Merokok di Tempat Umum.

Nggak hafal isinya sih. Tapi kan sudah cukup berhasil. Belum 100% memang, masalahnya adalah kesadaran masyarakat yang benar-benar minim. Bila sudah begini, di mata saya Indonesia terlihat begitu menyedihkan.

 

Nah, tapi pertanyaan selanjutnya adalah: “Kenapa tidak ada Undang-Undang yang mengatur larangan merokok di depan siswa?”

 

Entah itu buat satpam, guru-guru, sampai karyawan sekolah (cleaning service, penjaga kantin, atau apalah itu). Padahal keadaan siswa saat ini sudah terbilang sangat memprihatinkan. Lihat saja, sudah berapa banyak siswa usia sekolah yang telah mencicipi rokok-bahkan ada yang sudah menjadikan rokok sebagai rutinitas. Kalau sudah begini, siapa yang pantas disalahkan?

IRONIS…

Siswa yang semestinya datang ke sekolah untuk menggali ilmu demi cita-cita, kini masa depannya suram karena pengaruh sekitarnya. Bahkan siswa yang sama sekali tidak berminat mencoba rokok (ya contohnya saya ini :oops:) malah jadi perokok pasif. Padahal, asap yang dihirup perokok lebih banyak yang dikeluarkan ketimbang yang dimasukkan ke tubuh. Nah, asap yang dikeluarkan ini bila dihirup-lebih tepatnya terhirup-akan sangat berbahaya. Konon, dari buku-buku yang pernah saya baca, orang yang menghirup asap rokok lebih beresiko terkena kanker daripada si perokok.

GAK ADIL kan??? >.<

Jadi, pertanyaan kontroversial di pikiran saya adalah: “kapan UU Larangan Merokok di Depan Anak dibuat dan disahkan??”

 

Untuk kasus ini, sayangnya no one’s know. Jadi maaf, untuk Anda yang mengharapkan jawaban, tapi tidak ada jawaban di sini.

Harapan saya ke depan adalah pemerintah atau pihak yang berwajib mendengarkan aspirasi, opini, dan cuap-cuap anak kecil seperti saya
karena kami punya masa depan
kami juga harus menjadi generasi Indonesia
yang dapat BERSAING DENGAN NEGARA-NEGARA MAJU dan INTERNASIONAL

7 comments on “UU Larangan Merokok di Depan Siswa, Kapan Terwujud???

  1. Pingback: WaZup! Asia | Blog | UU Larangan Merokok di Depan Siswa, Kapan Terwujud???

  2. nampaknya usaha ini kurang efektif bakalan.. kalo mereka ngga mendapatkan pemandangan ngerokok dari gurupun bakal tetep bisa. masa saya masih pelajar guru2 di sekolah saya sejauh saya tahu ngga pernah ada yang merokok di lingkungan sekolah.. tapi tetep aja yah temen2 saya ngerokok di belakang. masalahnya cuma kontrol diri. dan dorongan untuk merokok itu bisa dilihat darimana saja contoh : film tv.

    saya juga ngga tahan asap rokok apalagi kalo udah kena hijab.. aduh.. males banget sampe bau rokok.. tapi kita juga ngga bisa semena-mena dengan mendepak usaha rokok dari perekonomian. kenyataannya selain pajak dari situ juga banyak. saya mau tahu orang yang mau menutup perusahaan2 rokok itu punya solusi ngga sih untuk pengangguran dari sektor usaha rokok yang tentunya banyaaak banget. nah lho..

    mulai sekarang belajar melihat satu persoalan mesti dari berbagai sisi ya adek 😉

    • waa iya sih mbak ..
      saya juga nggak ngelarang orang ngerokok ..
      kan hak mereka juga sih ..
      tapi yang ini kan di lingkungan sekolah ..
      saya jadi pengen cerita sama mbak nih 😦

      okeoke mbak , makasi sarannya 🙂

Leave a Reply

