Indonesiaku Tercinta :)


Mohon dimaklumi bila saya memposting artikel ini. Karena saya asli Indonesia, sih. Tidak ada inti spesifik dari pembahasan saya kali ini. Tapi semoga saja rasa cinta tanah air para sahabat saya di Indonesia meningkat. Lihat saja para orang asing yang berkunjung ke Indonesia dan menyukai budaya Indonesia. Yang asli Indonesia gak boleh kalah dong, sama yang WNA. Iya gak? 😀

INDONESIA…

Negara Maritim dan Agraris

 

Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia. Indonesia memiliki wilayah daratan seluas 1.922.570 km2 dengan daratan berair seluas 93.000 km2 dan daratan tidak berair seluas 1.829.570. sedangkan wilayah lautannya seluas 3.257.485 km2 serta terdiri dari 17.504 pulau. Tapi sebanyak kira-kira 6.000 pulau tidak berpenghuni. Beberapa pulau di Indonesia menempati peringkat pulau terbesar di dunia. Yaitu Sumatera di peringkat ke-6, Kalimantan di peringkat ke-3, dan Papua di peringkat ke-2 setelah Greenland.


Indonesia punya banyak sekali sumber daya yang melimpah. Apalagi Indonesia juga merupakan negara agraris yang subur. Indonesia menyandang peringkat pertama sebagai penghasil cengkeh dan pala terbesar di dunia, dan peringkat kedua sebagai penghasil karet alam serta minyak kelapa sawit mentah. Indonesia memiliki banyak sekali rempah-rempah, yang membuat kulinernya makin berasa dan beragam.

Hebatnya…

INDONESIA

 

Pertahanan rakyat Indonesia sudah terbukti sejak jaman dahulu kala. Yaitu sejak jaman penjajahan berabad-abad lalu. Lihat saja, Indonesia bahkan tidak punya persenjataan canggih dan layak, tapi malah para penjajah bisa ditaklukan. Strategi pertahanan yang cerdik dan jitu juga dimiliki Kepolisian Indonesia dalam memberantas teroris, serta menorehkan prestasi gemilang dalam kancah internasional. Gembong teroris dunia yang menjadi buronan utama Amerika Serikat sukses dibekuk tim Densus 88 dari Kepolisian Indonesia. Sebuah prestasi yang membuat Indonesia tidak boleh dipandang sebelah mata oleh negara lain.

 

Flora dan Fauna

INDONESIA

 

Meskipun luas wilayah Indonesia cuma 1,3% dari luas bumi, berdasarkan penelitian ternyata ada 10% tumbuhan, 12% mamalia, 16% reptil, 17% burung, dan 25% ikan yang ada di seluruh dunia bisa ditemukan di Indonesia. Wilayah Indonesia juga disebut “mega biodiversity”, karena keanekaragaman makhluk hidupnya yang sangat tinggi.

Ditambah lagi, banyaknya flora dan fauna langka yang bisa ditemukan di Indonesia. Antara lain anggrek hitam (black orchid), bunga bangkai Rafflesia Arnoldi, serta hewan terkecil di dunia, Tarsius Pumilus. Di Indonesia juga terdapat sekitar 6.000 jenis anggrek.

Anggrek Hitam

Tarsius Pumilus

INDONESIA

yang Murah Senyum

 

Indonesia terkenal akan keramahan penduduknya. Jiwa sosialnya juga tinggi. Ingat dengan semboyan kita “Bhineka Tunggal Ika”, kan? Meskipun rakyat Indonesia berbeda suku dan budaya, kita tetap bisa bersatu. Nggak perlu jauh-jauh bisa dilihat, di lingkungan kita juga terbukti adanya persatuan. Misalnya RT (Rukun Tetangga), RW (Rukun Warga), dan juga banyak organisasi kemasyarakatan nasional lainnya. Indonesia juga memiliki penduduk yang peduli sesama. Lihat saja organisasi PMI (Palang Merah Indnesia), bahkan para remajapun banyak meminati kegiatan PMR (Palang Merah Remaja). Di Indonesia juga kita akan punya banyak teman dan saudara, yang menjamin kita tidak akan kesepian, asalkan mudah bergaul. ^_^

 

INDONESIA

yang Kaya Budaya

Karena Indonesia banyak dilalui para pedagang dari berbagai belahan dunia, maka terjadilah akulturasi budaya, sehingga kekayaan budaya Indonesiapun bertambah. Coba lihat saja, cuma di Indonesia di mana kita bisa menemukan suatu negara dengan 740 suku bangsa dengan 583 bahasa serta dialek dari 67 bahasa induk. Jumlah sebanyak 583 bahasa merupakan jumlah bahasa terbanyak di dunia.

Gaya dan etnis serta budaya di Indonesia dapat ditemukan dengan keanekaragaman yang luar biasa. Misalnya gaya Melayu yang bisa ditemukan di Sumatera, ala Eropa di Manado, ala Afrika di Papua, bahkan ala Hawaii di sekitar pesisir pantai Bali dan Lombok. Belum lagi akulturasi budaya Tionghoa, Arab, dan Belanda yang juga bisa ditemukan di Indonesia.

Wisata Menakjubkan

INDONESIA

Banyak sekali objek wisata nan erotis dan luar biasa di Indonesia. Keindahan alam di Indonesia memang ibarat surga duniawi. Mayoritas potensi wisata alam negara kita bahkan mendapat peringkat wisata taraf internasional. Jadi kalau berwisata di Indonesia, tidak perlu bingung. Ada banyak objek wisata yang tak kalah menarik dengan yang ada di luar negeri. Lihat saja Pantai Dreamland, Gunung Kelimutu, Danau Toba, Pulau Komodo, Bukit Bangkirai, Kepulauan Raja Ampat, Taman Laut Bunaken, Pantai Sanur, dan masih banyak lagi. Makanya, kalau liburan, ada baiknya menghabiskan waktu keliling Indonesia. Jangan lupa dukung Visit Indonesia 2010 ya! :mrgreen:

 

Pantai Dreamland, Bali

Pantai Sanur, Pantai terindah nomor 1 se-Asia

 

Kepulauan Raja Ampat

Gua Gong, Jawa Timur. Gua dengan stalaktit dan stalagmit terindah se-Asia Tenggara

Dan INDONESIA Masih

Harus Berjuang

Indonesia memang salah satu negara yang beruntung. Tapi negara ini juga tidak luput dari terjangan berbagai masalah dalam negeri. Seperti peristiwa berpisahnya provinsi Timor Timur dari NKRI, direbutnya pulau dan kebudayaan Indonesia oleh negara tetangga, dan banyaknya kasus korupsi yang makin merajalela.

 

Semua masalah bukan 100% tanggung jawab pemerintah. Ingat kan, kekuasaan tertinggi di negara Republik Indonesia ini berada dalam tangan rakyat. Asalkan kita bertanggung jawab dan bersatu, negara ini akan semakin makmur.

Fakta Hebat INDONESIA

  • 20% suplai gas alam cair di dunia dihasilkan oleh Indonesia
  • Indonesia adalah produsen timah terbesar ke-2 di dunia
  • 80% kayu lapis di pasar dunia berasal dari Indonesia
  • Indonesia adalah pengguna twitter terbesar di Asia dan menduduki urutan ke-6 di dunia dengan jumlah kurang lebh 5.000.000.000 pengguna.
  • Ada sebanyak 7 orang WNI yang masuk ke dalam daftar 1.000 orang terkaya di dunia versi majalah Forbes.
  • Kopi luwak, yang berasal dari Indonesia adalah kopi termahal di dunia. Kopi luwak adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi setelah air mineral.
  • Komodo, kadal terbesar di dunia Cuma bisa ditemukan di Indonesia.
  • Manusia purba pertama di dunia, Pithecanthropus Erectus, hidup di Indonesia sekitar 1.800.000 tahun yang lalu
  • Masyarakat Indonesia dibilang sebagai masyarakat yang peduli kebersihan, lewat kebiasaan mandi lebih dari sekali dalam sehari. Nah, kalau begitu, lingkungannya juga mesti bersih dong. Iya nggak?

Diatas itu adalah beberapa saja. Masih banyak kehebatan Indonesia dan masyarakatnya.

Sekian dulu, ya. Semoga bermanfaat 😀

 

 

 

Advertisements