Cara Menghemat baterai Ponsel


Pernahkah Anda mengalami hal ini? Ketika Anda sedang asyik bertelepon dengan teman, atau mendengarkan lagu, tiba-tiba ponsel anda mati kehabisan baterai. Kalau terjadinya sesekali saja sih, tidak apa-apa. Syukur-syukur Anda bisa memakluminya. Tapi kalau terjadinya sering, itu pertanda Anda harus lebih menghemat baterai ponsel. Atau kalau memang sudah lama, ya mungkin “lem biru” adalah cara yang tepat. Apaan sih, lem biru? Itu nama beken dari “LEMpar BelI yang baRU” Berikut ini tips menghemat baterai ponsel yang bisa anda coba.

  • Matikan ponsel ketika sinyal sulit didapat

Di beberapa lokasi tertentu, sulit sekali mendapatkan sinyal. Memang kemampuan mendapatkan sinyal dari setiap operator berbeda. Namun mayoritas sulit mendapat sinyal di basement (ruang bawah tanah), mall, tempat terpencil, atau di ruangan dengan tembok yang tebal. Ketika kekurangan sinyal, ponsel akan membutuhkan lebih banyak tenaga untuk mencari sinyal. Lebih baik, matikan saja ponsel Anda. Setelah berada di tempat terbuka atau yang pada umumnya mudah terdapat sinyal, Anda bisa mengaktifkan ponsel kembali.

  • Jangan aktifkan kedua fitur suara

Kadang, Anda memilih mengaktifkan kedua fitur suara, yaitu ringtone (nada dering) dan vibrate (getar). Tapi menggunakan keduanya secara bersamaan juga berarti memboroskan pemakaian energi dalam baterai ponsel. Bila Anda sedang di tempat ramai, sebisa mungkin non-aktifkan ringtone ponsel dan aktifkan vibrate-nya saja.

  • Kurangi resolusi cahaya layar ponsel

Cobalah mengurangi brightness (kekuatan cahaya) atau light sensor ponsel anda. Selain agar tidak terlalu terang dan merusak mata, juga dapat menghemat pemakaian energi baterai. Bisa juga atur backlight (atau kalau di ponsel saya disebut light time-out) menjadi sekitar 10 detik saja.

  • Matikan aplikasi yang tak digunakan

Jika Anda menggunakan fasilitas bluetooth atau infrared untuk mengirim data dan sebagainya, segera non-aktifkan setelah selesai digunakan. Minimalkan pula penggunaan aplikasi game, web browser, pemutar musik, dan video call bila memang sedang tidak terlalu dibutuhkan.

  • Jangan menelepon ketika sedang bergerak sangat cepat

Ketika sedang bergerak sangat cepat, seperti dalam mobil atau kereta api, usahakan jangan terlalu sering melakukan panggilan atau menerima telepon. Apalagi browsing internet! Wah, isi baterai ponsel bisa cepat habis. Sebab, energi baterai terkuras hanya untuk mencari sinyal dari pemancar terdekat.

Advertisements

8 comments on “Cara Menghemat baterai Ponsel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s