Mendengarkan = Meringankan


Dengarkanlah keluhan orang

Anda wajib percaya dengan hal yang satu ini. Bila teman anda ingin menceritakan sesuatu pada anda, maka berusahalah untuk sebisa mungkin mendengarkan ceritanya. Meskipun hal yang diceritakannya terdengar biasa saja dan tidak penting, usahakan untuk mendengarkannya dengan setia. Karena dengan begitu andapun juga beramal. Bagaimana bisa?

Yah, demikianlah yang diutarakan oleh Rebecca Shafir, seorang ahli komunikasi asal Massachusetts, yang juga merupakan penulis buku The Zen of Listening. Ia mengatakan bahwa seseorang diberi kesempatan untuk mendiskusikan peristiwa-peristiwa yang membuatnya stres dalam hidupnya, maka tekanan darahnya akan turun, ketegangan jiwanya kendur, dan ia bisa berpikir lebih jernih lagi. Sehingga dari situlah dia akan mendapatkan ide untuk menanggulangi masalah yang menimpanya.

Rebecca juga mengatakan, orang yang stres, daya tahan tubuhnya akan menurun. Dan ketika ia menemukan kembali harga dirinya, maka daya tahan tubuhnya akan meningkat. “kita merasa diri kita penting atau dihargai ketika ada seseorang yang mau mendengarkan kita,” ujarnya.

Bersedia mendengarkan orang lain juga dapat mendatangkan manfaat untuk anda sebagai pendengar. Selain mempererat hubungan, juga bermanfaat untukkesehatan fisik anda. Ketika otak aktif mendengarkan orang lain, maka aliran darah akan mengalir deras ke pembuluh darah otak, menghidupkan semangat. Jika saat itu anda sedang sakit, maka itu juga dapat menyembuhkan.

Lalu apa kaitannya dengan amal? Ingat, membantu orang lain berarti juga beramal kan? Maka, sebisa mungkin dengarkanlah keluhan orang lain. Meski anda tidak selamanya memberikan saran. Tak apa, sekedar menjadi pendengar akan memberikan sedikit kebaikan bagi diri anda dan orang lain.

P.s : best thanks to my bestfriend. Makasi, udah mau jadi pendengar buat aku, waktu aku butuh teman buat cerita. Sekalipun pada akhirnya kamu bilang semua itu gak penting, tapi kesediaanmu udah bikin aku ngerasa lebih baik. Awalnya aku sakit, kamu baru jujur. Tapi aku bisa nerima, karena gimanapun juga, itulah kamu. Sekali lagi, makasih. A lot of thanks for you

Advertisements

7 comments on “Mendengarkan = Meringankan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s