Bioritme


Pernahkah anda merasakan suatu hari anda sangat bersemangat dan aktif, namun di hari lain anda merasa sangat lesu dan emosional? Tenang, anda tidak sendiri. Kesehatan, emosional, dan tingkat intelektual setiap orang berbeda-beda setiap hari menurut biorhythm, atau bioritme.

Bioritme, yang juga bisa disebut kurva-bio atau siklus-bio merupakan prediksi siklus fisik, emosi, dan intelektual seseorang setiap hari. Bioritme (biorhythm) berasal dari bahasa Yunani, biorhuthmos. Merupakan gabungan 2 kata, bio yang artinya kehidupan, dan rhythm yang berarti ritme.

Konsep bioritme pertama kali diperkenalkan oleh seorang peneliti dari German Academy of Sciences, Wilhelm Flies. Pendapatnya, energi dalam tubuh akan mengalami fluktuasi dalam 3 siklus; siklus fisik (23 hari), siklus emosional (28 hari), dan siklus intelektual (33 hari). Pengetahuan tentang siklus ini memungkinkan kita untuk dapat memprediksikan kesehatan, emosi, dan tingkat intelektual orang di sekitar kita. Kapan hari baiknya, saat tubuh sedang prima, maupun hari buruknya, ketika kondisi tubuh sedang tidak baik.

Yang dimaksud siklus fisik adalah meliputi kesehatan, kekuatan, dan koordinasi gerak anggota tubuh. Siklus emosional adalah mencakup kreativitas, sensitivitas, dan mood. Sedangkan siklus intelektual terdiri dari kewaspadaan, kemampuan analisis, berpikir secara logis, mengingat, serta komunikasi.

Ketiga siklus tersebut dtampilkan salam bentuk grafik, digambarkan sebagai garis dengan tiga warna berbeda. Merah mewakili siklus fisik, biru mewakili siklus emosional, dan hijau mewakili siklus intelektual. Pada saat garis siklus berada dalam fase positif, kesehatan, emosional, dan intelektual berada dalam kondisi yang baik, apalagi bila garis tersebut berada di posisi puncak. Sebaliknya bila garis siklus berada dalam fase negatif, kemungkinan kondisi tubuh akan drop, badmood, dan sulit berkonsentrasi, apalagi bila garis berada di fase kritis.

Bioritme sering digunakan untuk memprediksi kinerja pilot sebelum melakukan penerbangan dan mengendalikan pesawat, juga kondisi fisik para atlet yang akan bertanding. Penelitian Amerika dan Jepang menunjukkan bahwa pilot sering melakukan kesalahan yang menyebabkan kecelakaan pesawat ketika siklus mereka sedang dalam fase kritis.

Bioritme sudah sangat populer di Amerika sejak 1970-an. Mesin bioritme untuk memprediksi siklus harian sesuai dengan tanggal lahir bisa dengan mudah ditemukan di banyak tempat. Bahkan saat ini, di internet sudah tersedia software bioritme secara gratis. Jadi, semua orang bisa mengetahui hari baik dan buruk mereka masing-masing.

Advertisements

One comment on “Bioritme

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s