Apakah Sebenarnya Hipnotis itu?


 Akhir-akhir ini, kata “hipnotis” sering terdengar dalam konteks yang buruk. Seperti seorang pelajar SMP yang dihipnotis kemudian menjadi korban kekerasan orang lain entahlah siapa. Atau mungkin saja anda pernah menjadi korban penipuan setelah dihipnotis sang pelaku. Hmm, tapi apakah memang seburuk itu arti konotasi HIPNOTIS? 

Hipnotis berasal dari bahasa Yunani, hypnos, artinya adalah tidur. Hipnotis merupakan tehnik untuk memasuki alam bawah sadar manusia secara cepat. Biasanya, yang dihipnotis akan mengalami kondisi seperti tidur atau trance setelah ada perintah dari pelaku hipnotis. Saat berada dalam batin bawah sadar, orang yang terhipnotis akan mengikuti perintah dan sugesti yang diberikan.

 

Tehnik hipnotis sebenarnya sudah banyak dikenal oleh berbagai bangsa di dunia sejak ribuan tahun lalu. Hanya saja tehnik ini baru ditelaah secara keilmuan oleh Franz A. Mesmer pada abad 18, yang kemudian dikenal sebagai teori mesmerism. Teori ini merupakan awal dari teori tentang hipnotis yang dikembangkan lebih lanjut oleh James Braid, ahli kesehatan dari Skotlandia.

 

Metode hipnotis ini kemudian dimatangkan oleh Sigmund Freud, bapak psikoanalisa. Dan dikembangkan lagi secara modern oleh Dr Milton Erickson untuk kepentinga terapi. Dr Milton Erickson adalah psikiater Amerika yang populer dengan teori neuro-linguistic programming (NLP).

 

Metode hipnotis diaplikasikan dalam berbagai bidang. Hipnoterapi merupakan salah satu contoh penggunaan hipnotis untuk terapi secara klinis dan psikologis. Dalam psikologi, hipnotis banyak dimanfaatkan untuk sarana pemulihan trauma psikis, depresi, gangguan perilaku, stres, dan fobia.

 

Sedangkan secara klinis, hipnotis dapat digunakan sebagai sarana program penurunan berat badan, anoreksia, serta mengurangi rasa sakit sebagai pengganti bius dalam operasi. Hipnotis juga dapat dimanfaatkan dalam bidang forensik, karir, olahraga, peningkatan prestasi, juga pengembangan diri. Di Indonesia sendiri, hipnotis telah populer sabagai liburan dan terapi yang mulai digemari.

Advertisements

2 comments on “Apakah Sebenarnya Hipnotis itu?

  1. Kunjung balik and link sudah siap dipasang, bos.

    Humm, hipnotis tuh tergantung ama sang pena nya. Ya, liat2 doelu. Segi positif ato sebaleknya, negatif. Tapi, klo tuh positif, bawa manfaatnya buesar bangets.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s