Kopi, Bukan Lagi Sekedar Minuman


Kopi bukan lagi sekedar teman di pagi hari, tapi juga untuk ajang gaul. Lihat saja, banyaknya warung kopi tersebar di mal-mal, dan tidak sepi pengunjung. Kopi juga bukan untuk sekedar minuman, tapi akan memberikan manfaat lebih bagi anda yang mengkonsumsinya. Asalkan, anda tahu takaran yang tepat. Simak ulasan ini ::

 

Awalnya, kopi dikonsumsi bukan untuk minuman, melainkan makanan. Suku-suku di Afrika Timur dahulu mencampur biji kopi dengan lemak hewan, yang kemudian dibentuk seperti bola-bola untuk camilan penambah energi. Ya, kisah kopi sendiri bermula dari Caffa, Ethiophia.

 

Seorang penggembala domba bernama Kaldi menyadari bahwa domba-domba peliharaannya melompat-lompat semalaman setelah memakan buah beri merah yang berasal dari tanaman liar. Karena rasa penasarannya yang tinggi, Kaldi kemudian mencoba memakan buah beri itu. Dan dia pun merasakan dirinya menjadi lincah seperti domba-dombanya. Ia menceritakan temuannya pada kepala biara yang kemudian menemukan bahwa buah itu membantu para pendeta berdoa sepanjang malam tanpa merasa mengantuk. Boleh jadi, dari nama Caffa-lah akhirnya terbentuk kata kopi atau coffee.

 

Sekarang, kopi sudah sangat populer di kalangan masyarakat dunia. Terutama mereka yang tinggal di kota besar, kopi telah menjadi gaya hidup. Kafe maupun kedai kopi digunakan sebagai tempat bersosialisasi di waktu luang. Tak jarang, orang rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk minum secangkir kopi. Tidak hanya untuk minuman, sekarang kopi juga semakin banyak dimanfaatkan untuk campuran cake, kue kering, puding, dan es krim.

Banyak mitos negatif tentang kopi. Bahkan, kabarnya, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa di dalam secangkir kopi terdapat lebih dari 1000 jenis zat kimia. 26 diantaranya telah diteliti dan separuhnya mengakibatkan kanker pada tikus percobaan. Tapi tunggu, JANGAN memandang kopi sebagai minuman berbahaya yang wajib dijauhi. Karena di balik itu, banyak khasiat yang tersimpan. Mari kita lihat satu persatu.

 

KHASIAT KOPI

  • Sumber antioksidan, cegah kanker
  • Dr Joe Vinson, ketua tim peneliti Universitas Scaranton, juga menyatakan bahwa antioksidan kopi juga bisa mencegah kanker, penyakit jantung, diabetes, dan juga stroke. Para peneliti membuktikan bahwa minum satu sampai dua cngkir kopi per hari dapat menghindarkan dari kanker hati. Pengaruh ini akan meningkat apabila konsumsinya juga ditingkatkan. Bila mengkonsumsi lima cangkir *waduh, banyak amat, ya?* maka berkurang resiko kanker hati hingga 75%.

    Sebuah studi dari Universitas Scaranton, Amerika Serikat, membuktikan bahwa kopi menempati urutan pertama sebagai sumber antioksidan, baik dalam per saji maupun frekuensi konsumsi. Bahkan mengalahkan sumber antioksidan populer lain yaitu teh, susu, dan cokelat. Sekedar informasi, antioksidan kopi juga terdapat dalam aromanya. Jadi, ketika anda minum kopi, hirup dalam-dalam aromanya paling lama 20 menit setelah diseduh, karena lewat dari itu potensi antioksidannya akan hilang. Bahkan kopi tanpa kafein (decaffeinated) tetap mengandung antioksidan yang sama dengan kopi berkafein.

 

  • Turunkan resiko diabetes
  • Penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard yaang melibatkan 120.000 orang selama 18 tahun membuktikan bahwa konsumsi satu sampai tiga cangkir kopi per hari dapat menurunkan resiko diabetes. Kopi mengandung antioksidan quinine, yang dapat meningkatkan tingkat sensitivitas tubuh terhadap insulin. Selain itu juga, dalam kopi terdapat antioksidan tokoferol, asam klorogenik, dan mineral magnesium yang juga meningkatkan sensitivitas terhadap insulin serta metabolisme glukosa.

 

  • Cegah pembentukan batu ginjal
  • Penelitian lain lagi, yang melibatkan 81.000 wanita di Amerika menunjukkan bahwa konsumsi kopi sebanyak 240 gram sehari dapat menurunkan resiko pembentukan batu ginjal sebanyak 10%. Selain itu, penelitian oleh Leitzmann dan timnya menunjukkan bahwa konsumsi 2 hingga 3 cangkir kopi sehari dapat menurunkan resiko pembentukan batu empedu pada pria.

 

  • Mengobati sakit kepala
  • Dr Seymour Diamond dari Diamond Headache Clinic, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa kopi dapat menyembuhkan sakit kepala. Tapi sakit kepala yang dimaksud adalah sakit kepala yang diakibatkan oleh ketegangan. Penelitian lainnya menunjukkan bahwa kopi mengatasi migrain, terutama bila diminum saat awal sakit kepala muncul. Kafein dalam kopi juga bisa meningkatkan sirkulasi darah karena meningkatnya oksigen yang melaju dalam sel-sel.

     

  • Kontrol berat badan
  • Kopi bisa mengontrol berat badan karena kemampuannya meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak. Laporan sebuah studi menyebutkan 100 mg kafein (setara secangkir kopi) dapat meningkatkan laju metabolisme sebanyak 3% hingga 4%. Meskipun demikian, efeknya akan jauh lebih baik bila disertai olahraga.

     

  • Atasi alergi dan asma
  • Pernyataan bahwa 400 mg kafein per hari (4 cangkir kopi) dapat menolong menghindari gejala hay fever (alergi terhadap serbuk sari dengan segala konjungtivis akut, rinitis, serta gejala asma) dikemukakan oleh Dr Vincent Tubiolo dari US Medical Center. Penelitian lain di Amerika dan Itali memberi bukti bahwa minum 3 cangkir kopi per hari dapat menurunkan prevalensi penyakit asma.

 

 

Untuk mendapatkan manfaat sehat dari kopi, alangkah baiknya anda tidak mencampurkan gula dan susu pada kopi anda. Gula yang anda tambahkan akan merangsang pusat saraf keseangan di otak untuk melepaskan opioids yang dapat menyebabkan kecanduan minum kopi. Sedangkan protein susu akan mengikat antioksidan, sehingga efek antioksidan kopi anda akan berkurang. Sayangnya, variasi-variasi kopi kebanyakan mengandung susu 😥

 Bila anda tertarik dengan artikel tentang variasi minuman kopi, silahkan baca artikel Macam-Macam Variasi Minuman Kopi

 

 

Wew, rasa-rasanya postingan ini sudah sangat panjang. Baiklah, saya akhiri dulu, ya! Sampai jumpa! :mrgreen:

 

Sumber :: Majalah Nirmala edisi 2007 dan sumber lain

Advertisements

5 comments on “Kopi, Bukan Lagi Sekedar Minuman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s