Kafein, Teman atau Musuh???


KAFEIN, MUSUH ATAU TEMAN ?

Sedikit menyinggung postingan saya sebelumnya tentang kopi, bukan rahasia lagi, kalau kopi mengandung kafein. Menurut pendapat Dr Seymour Diamond, kandungan kafein pada kopi bisa menghilangkan rasa lelah, kantuk, dan meningkatkan kewaspadaan saraf motorik. Itulah sebab, banyak yang menjadikan kopi sebagai teman begadang.

Tapi anda juga harus berhati-hati. Sebab kafein juga dapat menimbulkan efek negatif, seperti:

  • Kecanduan
  • mengganggu keseimbangan kandungan lemak
  • tekanan darah, dan asam dalam darah
  • meningkatkan kadar asam urat yang berakibat timbulnya nyeri sendi
  • menyebabkan sering buang air kecil
  • meningkatkan pengeluaran asam gastrat yang menimbulkan rasa panas dalam perut
  • menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat gizi seperti mineral seng dan kalsium
  • menyebabkan jantung berdebar
  • insomnia

Wuih, efek negatifnya banyak amat ya? Maka dari itu, konsumsi kopi ada batasnya, yaitu maksimum 300 mg per hari. Jumlah itu setara dengan 3 hingga 4 cangkir kopi giling, dan 5 cangkir kopi instan.

Karena efek-efek buruk tersebut, maka beberapa orang menjauhi kafein. Mereka adalah orang yang:

  • Menderita hipertensi

Karena kafein dapat meningkatkan tekanan darah yang sudah tinggi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa kopi bisa meningkatkan tekanan darah 5 hingga 15 mmHg, tergantung kepekatan kopi yang dikonsumsi.

  • Menderita penyakit jantung

Peneliti dari John Hopkins University, Baltimore, menyatakan minum kopi lebih dari 6 cangkir sehari dapat meningkatkan kadar LDL (Low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat dan trigliserida penyebab penyakit jantung dan stroke. Dr Rob Urgent dari Wageningen Centre for Food Sciences, Belanda, menegaskan bahwa banyak minum kopi menyebabkan peningkatan kadar homosistein (senyawa hasil metabolisme protein) dalam darah yang kemudian dapat meningkatkan penyakit jantung. Kadar homosistein akan meningkat hingga 20% dengan minum 10-15 cangkir kopi setiap hari dalam 2 minggu.

  • Kaum wanita

Secara alami, wanita memiliki resiko osteoporosis 5 kali lipat lebih tinggi daripada pria. Minum 2 cangkir kopi saja bisa mengurangi kepadatan massa tulang, terutama pada wanita yang kurang asupan kalsium maupun usia lanjut. Selain itu, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa kopi dapat memperburuk gejala PMS (Pre-Menstrual Syndrome).

  • Wanita yang sedang hamil

Laporan hasil penelitian rumah sakit Christchurch, Selandia Baru, megungkapkan bahwa sebagian besar wanita pecandu kopi akan melahirkan bayi yang sulit bernafas saat dilahirkan. Sedang penelitian Sven Cnattingius dari Karolinska Institute, Swedia, menyatakan bahwa wanita yang mengkonsumsi 100 mg kafein/hari akan lebih mudah mengalami keguguran.

  • Menderita sakit maag

Kafein dapat meningkatkan kadar asam dalam lambung. Maka penyakit maag akan semakin parah dan proses penyembuhan semakin lambat.

Tips mengurangi efek kafein

  • Hindari minum kopi di malam hari

Karena separuh dari kafein yang terdapat dalam secangkir kopi yang anda minum akan bertahan selama 5 jam di dalam pembuluh darah. Jadi, bila tidak ingin mengalami kesulitan tidur, jangan konsumsi kopi di malam hari.

  • Minum kopi tanpa kafein

Bila anda pencinta berat kopi, namun ingin mengurangi efek kafein, ada baiknya anda memilih decaffeinated coffee. Kafein yang terkandung hanya 2 hingga 4 mg/cangkir. Sangat berbeda jauh dengan kopi instan yang kafeinnya mencapai 60 hingga 80 mg/cangkir.

  • Pilih kopi jenis Arabika

Kandungan kafein dalam biji kopi jenis Arabika kurang lebih hanya 2/3 kafein kopi Robusta yang sering digunakan untuk kopi instan. Tapi, sayangnya kopi Arabika ini harganya lebih mahal.

Advertisements

2 comments on “Kafein, Teman atau Musuh???

  1. hha. walah.. emang sih.. kafein sisi buruknya banyak. -.- kata guruku.. terlalu banyak minum kopi bisa mengurangi kecepatan kerja otak.. tapi ironisnya… kebanyakan pemikir,pekerja,desainer,orang2 yg profesinya lumayan suka minum kopi. hhe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s