Nazca Line


Fenomena Nazca Line adalah salah satu peninggalan zaman kuno di daerah Nazca, Peru. Letaknya membentang antara kota Nazca dan Palpa, Peru. Garis-garis Nazca yang memiliki bermacam-macam pola ini hanya bisa dilihat jelas keindahannya di ketinggian tertentu. Bila kita mengudara dan melewati Gurun Nazca dan melihat ke arah bawah, maka garis-garis Nazca ini akan terlihat polanya. Namun apabila hanya dilihat di darat, garis-garis Nazca hanya akan terlihat seperti parit yang tak beraturan bentuknya. Dikarenakan, polanya berukuran sangat besar.

 

Karena hanya bisa dilihat jelas dari udara, fenomena ini baru mulai terkenal di saat teknologi penerbangan mulai menjamur. Apalagi di saat Amerika Serikat mulai ramai dengan industri penerbangan. Sekitar tahun 1920-an, banyak penumpang pesawat yang melintas di atas gurun Nazca. Dan penumpang-penumpang pesawat itu terkejut ketika menoleh ke bawah melalui balik jendela dan melihat garis-garis Nazca. Berita tersebut segera tersiar dan menjadi bahan penelitian arkeolog.

 

 Ini adalah gambar bagaimana Nazca Line terlihat dari sudut pandang saat kita berdiri, atau dari darat ::

Garis-garis Nazca yang terbentuk sekitar 200 SM hingga 700 M itu banyak meninggalkan pertanyaan yang sama. Bagaimana, dan untuk apa Nazca Line dibuat? Joe Nickell, arkeolog dari Universitaas Kentucky memberikan pendapat, bahwa garis-garis Nazca dibuat dengan peralatan sederhana. Buktinya, ditemukan batang kayu di area Nazca Line. Dan setelah diadakan penelitian, usia kayu tersebut ternyata memiliki kesamaan usia dengan pola Nazca Line. Dan untuk memperjelas bukti tersebut, Joe membentuk sebuah tim kecil untuk mempraktekkan cara membuat pola Nazca Line menggunakan kayu. Hasilnya, cukup memungkinkan terjadi, tapi sangat sulit dan membutuhkan proses.

 

Pada prinsipnya, pembuatan Nazca Line adalah memindahkan lapisan atas gurun yang banyak memiliki kerikil dan kerikil itu mengandung oksida besi sehingga memberikan aksen gelap. Maka, warnanya menjadi mencolok dengan daerah yang digali.

 

Perkembangan teori lainnya dikemukakan oleh Jim Woodman. Menurut pendapatnya, pembuatan Nazca Line menggunakan balon udara untuk melihat bentuk jadi (finishing) dari garis yang dibuat. Namun pendapat itu tidak memiliki bukti yang kuat, karena tidak ditemukan bukti adanya balon udara.

 

Misteri masih menyisakan pertanyaan. Untuk apa Nazca Line dibuat? Yeah, setiap ilmuwan punya pandangan sendiri-sendiri. Namun masih belum ada yang bisa membuktikannya secara pasti. Ada yang memiliki pendapat bahwa Nazca Line digunakan untuk upacara adat. Ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa pola Nazca Line  dibuat untuk pendaratan alien.

 

Di sekitar area Nazca Line banyak ditemui tengkorak dan tulang belulang. Itu artinya, Nazca Line juga digunakan untuk kuburan massal. Temuan itu membuat Rober Bast beropini bahwa Nazca Line digunakan untuk mengenang korban banjir bandang. Ada juga yang mengaitkan Nazca Line dengan upacara adat. Banyak yang mengatakan bahwa Nazca Line dibuat untuk dipersembahkan kepada dewa-dewa. Pola garis-garis itu sengaja dibuat besar-besar agar para dewa dapat melihatnya dengan jelas dari atas.

 

Penulis asal Swiss, Erich Von Daniken, justru mengemukakan bahwa Nazca Line dibuat untuk pendaratan pesawat alien. Namun pendapat itu dimentahkan karena belum ada bukti tentang pesawat alien yang cukup kuat. Marie Reiche memiliki pendapat berbeda. Ia menyatakan bahwa beberapa pola Nazca Line membentuk pola astronomi. Berdasar hal itu, ilmu astronomi dan navigasi telah dipelajari sejak dulu.

 

Pola-pola unik Nazca Line telah memikat UNESCO dan menjadikannya cagar budaya dan tergabung dalam World Heritage Site (situ-situs sejarah warisan dunia). Nazca Line juga menjadi objek wisata khas Peru. Sayangnya, Nazca Line memiliki ancaman besar. Sapuan banjir bisa melenyapkan Nazca Line mengingat iklim yang tak menentu. Apalagi kedalamannya yang mencapai 10-30 cm sangat rentan erosi. Semoga saja, yah. Kita bisa mendalami Nazca Line dan memberikan kepastian atas pertanyaan yang masih misteri seperti diatas tadi. Dan semoga saja Nazca Line tetap bertahan. 😀

 

:: look more pictures about Nazca Line at http://www.nazcamystery.com/ ::

Advertisements

9 comments on “Nazca Line

  1. kayaknya, NAZCA itu dibuat menggunakan batang kayu, dan mungkin mereka membuatnya dengan susunan batang2 kayu yang disusun meninggi, yang kemudian memudahkan mereka untuk menginstruksi pembuatnya, tetapi belum jelas dengan apa mereka menginstruksinya….. tetapi mungkin juga mereka membuatnya utk mengingatkan dunia kepada suku mereka, yaitu suku NAZCA sendiri. mungkin juga ada yang menggunakan teleskop dari batang kayu yang dilubangi, dan disisipkan berlian di tengahnya…..
    Tapi, ini hanya teori saya saja. Huwallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s